Tips Makan Makanan Pedas

Siapa sih yang tidak suka makan-makanan pedas? Kalaupun tidak suka pasti hanya karena tidak tahan dengan rasanya yang membakar lidah, membuat kita keringatan, dan muka kita merah. Benar bukan? Atau biasanya karena agan takut mengalami diare sesudahya. Itu semua reaksi yang terjadi apabila kita mengonsumsi makanan yang pedas.


makanan pedas

Hal tersebut disebabkan oleh zat di dalam cabai yang disebut capsaicin.

Tapi, tidak jarang kita merasa ingin mencoba rasa pedas yang memang memberikan sensasi dan kenikmatan sendiri ketika kita makan. Jadi bagaimana dong supaya bisa menikmati makanan pedas tapi tidak kepedasan? Yuk, disimak dulu caranya agan/sista!

Sebelum makan. . .

Agan/sista perlu minum susu. Kenapa Susu?, karena susu dapat mencegah diare yang biasanya terjadi sesudah selesai mengonsumsi makanan pedas. Susu menetralkan alarm pedas yang dikirimkan oleh capsaicin ke dalam tubuh kita lewat darah.

Setelah itu, agan/sista bisa minum minuman apapun, sebelum mulai makan, tapi yang dingin sedingin es. Jenis dingin yang bila terlalu banyak diminum dalam satu waktu dapat menyebabkan brain freeze atau bahkan mati rasa pada lidah.

Cara lain yang lebih ekstrim adalah dengan mengambil setengah sendok makan gula, dan emut-emut selama setengah menit. Hal ini memberi efek yang sama seperti minuman yang dingin sekali. Efek mati rasa yang sama seperti trik minuman es.

Ketika makan. . .


Makanlah perlahan-lahan. Kalau agan/sista menyuap sesuap makanan pedas yang mengandung capsaicin, kemudian tidak memberi jeda untuk suapan selanjutnya, efek capsaicin akan tinggal lebih lama, dan terasa lebih pedas. Dengan makan perlahan, kita membuat kadar capsaicin dalam tubuh kita perlahan menurun sebelum suapan selanjutnya sehingga masih berada dalam batasan yang masih dapat ditoleransi tubuh.

Jangan lupa untuk makan makanan pedas bersama dengan makanan sampingan yang bertekstur beda. Misalnya yang agak kasar seperti roti-rotian, yang memberikan penerimaan yang lain pada lidah kamu. Dengan begitu, konsentrasi lidah pengecap kamu dapat teralihkan ke makanan yang lebih kasar itu. Selain itu, makanan sampingan tersebut, dapat membantu menyerap capsaicin dan mengurangi kadar yang secara langsung terekspos di muka.

Setelah Makan. . .


Emut sepetak balok kecil dark chocolate. Milk chocolate juga bisa. Tapi lebih maksimal kerja dark chocolate).

Atau, bisa dengan mengambil kain bersih kecil, menyelupkannya di air hangat, kemudian menepuk-nepukkannya ke lidah yang terbakar.

Apabila semua cara di atas tidak berhasil, kamu juga bisa makan permen karet seusai makan makanan pedas.

Title & Source : Tips Makan Makanan Pedas agar enggak Kepedesan by riodermawan182

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Premium Links